Komunikasi Data dan Jaringan

A. KOMUNIKASI DATA
Komunikasi data merupakan gabungan dua teknik yang berbeda yaitu perpaduan teknik komunikas dan pengolahan  data. Komunikasi data juga merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat-perangkat lainnya dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.

  • Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan Dalam Komunikasi Data
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam komunikasi data adalah sebagai berikut:Jumlah dan lokasi pemrosesan data
a. Jumlah dan lokasi terminal (remote)
b. Tipe transaksi
c. Kepadatan lalu lintas tiap tipe transaksi.
d. Prioritas/ urgensi informasi yang disalurkan.
e. Pola lalu lintas
f. Keandalan sistem yang digunakan.
g. Revenue yang mungkin didapat.
  • Komponen Komunikasi
Adapun komponen-komponen komunikasi adalah sebagai berikut:
a)      Sumber (Source)
Menghasilkan data untuk ditransmisikan
b)      Pemancar (Transmitter)
Mengubah data menjadi sinyal yg dapat dipancarkan
c)       Sistem Transmisi (Transmission System)
Membawa data
d)      Penerima (Receiver)
Mengubah sinyal yg diterima menjadi data
e)      Tujuan (Purpose)
Pengambilan dan pengiriman data
f)       Sumber Data
Elemen yang bertugas mengirimkan informasi dan menempatkannya pada media trasnmisi disebut sebagai transmitter
g)      Media Transmisi
Merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima.
h)      Penerima Data
Alat yang menerima data atau informasi yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi disebut sebagai reciever 
  • Terminal Komunikasi Data
Perangkat terminal data (Data Terminal Equipment) adalah perangkat yang berfungsi untuk mengirim serta menerima data dan informasi.
  • Kendala-kendala Komunikasi Data
Adapun kendala-kendala dalam komunikasi data adalah sebagai berikut:
1)      Waktu tanggap sistem
Ukuran kecepatan sistem
2)      Troughput
Ukuran beban dari sistem
3)      Faktor manusia
Yang menentukan lancar-tidaknya suatu sistem 
  • Bentuk Komunikasi Data
Adapun bentuk-bentuk  komunikasi data adalah sebagai berikut:

12. Komunikasi Data Off-Line
Off-line Communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas komunikasi dari suatu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU.
ü  Terminal : Adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi.
ü  Jalur komunikasi :  Adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan, seperti telephon, telex dll.
ü  Modem : (Modulator/Demodulator) adalah suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya.
ü  Sistem komputer : merupakan perangkat utama untuk pemerosesan data yang menerima input data dan menghasilkan Output.
22. Komunikasi Data On-Line
On-line Communication system data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer.
Adapun bentuk-bentuk sistem komunikasi online adalah sebagai berikut:
ü  Realtime SystemMerupakan suatu system pengolahan data yang membutuhkan tingkat transaksi dengan kecepatan tinggi, saat data diterima kemudian mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga.
ü  Batch Processing SystemMerupakan teknik pengolahan data dengan menumpuk data terlebih dahulu dan diatur pengelompokan data tersebut dalam kelompok-kelompok yang disebut bacth, kemudian diolah untuk mendapatkan laporan yang diinginkan.
ü  Timesharing SystemSuatu teknik on-line system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian.
ü  Distributed Data Processing SystemMerupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari timesharing system. Sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi ke setiap komputer yang mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.
  • Jenis-jenis Komunikasi Data

Adapun jenis-jenis komunikasi data adalah sebagai berikut:
1. Simplex
Simplex adalah salah satu bentuk komunikasi antara dua belah pihak, di mana sinyal-sinyal dikirim secara satu arah. Metode transmisi ini berbeda dengan metode full-duplex yang mampu mengirim sinyal dan menerima secara sekaligus dalam satu waktu, atau half-duplex yang mampu mengirim sinyal dan menerima sinyal meski tidak dalam satu waktu.

2. Half Duplex
Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi “collision” (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan. Contoh lain adalah Hub.

3. Full Duplex
Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi. Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya. Contoh nya adalah switch.

B. JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan komputer yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dengan tujuan membagi sumber daya (seperti file dan printer). Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya. Dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan 
  • Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Cakupannya
Adapun klasifikasi jaringan komputer berdasarkan cakupannya adalah sebagai berikut:
1)      LAN (Local Area Network
LAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah.
2)      MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
3)      WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, negara, bahkan dunia atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik (internet).

Komentar